TUGAS KARYA ILMIAH LINGKUNGAN EKONOMI
NAMA : ADHITYA SALMAN
NIM : 16.11.0053
KELAS : 16 S1 TI 01
Tahun Ajaran 2016/2017
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu‘alaikum wr. Wb.
Alhamdulillah segala puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir yang berjudul “ LINGKUNGAN BISNIS “Tugas Akhir ini disusun sebagai persyaratan kelulusan tidak lupa dukungan dari teman-teman saya yang begitu besar sehingga saya bias menyelesaikan tugas karya ilmiah lingkungan bisnis ini dengan tepat waktu. Sehingga saya mengucapkan banyak terimakasih untuk semuanya.
Alhamdulillah segala puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir yang berjudul “ LINGKUNGAN BISNIS “Tugas Akhir ini disusun sebagai persyaratan kelulusan tidak lupa dukungan dari teman-teman saya yang begitu besar sehingga saya bias menyelesaikan tugas karya ilmiah lingkungan bisnis ini dengan tepat waktu. Sehingga saya mengucapkan banyak terimakasih untuk semuanya.
Dalam penyusunan tugas akhir ini, penulis menyadari masih
terdapat banyak kekurangan yang dibuat baik sengaja maupun tidak sengaja,
dikarenakan keterbatasan ilmu pengetahuan dan wawasan serta pengalaman yang
penulis miliki. Untuk itu penulis mohon maaf atas segala kekurangan tersebut
tidak menutup diri terhadap segala saran dan kritik serta masukan yang bersifat
kontruktif bagi diri penulis.Akhir kata semoga dapat bermanfaat bagi penulis
sendiri, institusi pendidikan dan masyarakat luas. Amin!
Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb
Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb
BAB I
PENDAHULUAN
A.Abstrak
Dengan mengetahui tentang lingkungan ekonomi , kita dapat
mengetahui pengertian,fungsi dan jenis lingkungan ekonomi . sebab itu kita
harus membaca dan mencermatkan isi dari pengetahuan ekonomi , karena sangat
penting bagi hidup kita unuk memulai suatu tujuan yang diinginkan.
BAB II
PEMBAHASAN
Terimalah kegagalan
sebagai pembelajaran dalam berusaha kata seperti itu memang sulit diterima oleh
masyarakat yang sudah tidak memiliki usaha, memang dalam setiap usaha sering
atau rawan sekali dengan yang namanya kegagalan, kegagalan adalah SPP dalam
berbisnis.
LINGKUNGAN
EKONOMI BISNIS
A.
Pengertian
Lingkungan Ekonomi Bisnis
Lingkungan berarti segala sesuatu yang
berada diluar atau sekitar makhluk hidup. Sedangkan pengertian ekonomi
secara umum adalah ilmu tentang pengurusan sumber daya material individu,
masyarakat dan negara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Adapun
bisnis berarti suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen
atau yang lainnya untuk mendapatkan laba.
Lingkungan
bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu
lembaga, organisasi, atau perusahaan.
B. Kategori Lingkungan Bisnis
Lingkungan Bisnis dapat dibagi menjadi
dua kategori:
1.
Lingkungan
Internal
Lingkungan internal merupakan segala
sesuatu di dalam organisasi/ perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi/
perusahaan tersebut.
Lingkungan internal dipengaruhi oleh
beberapa faktor, yaitu:
a.
Sumber daya
manusia (SDM)
b. Finance (modal)
c. Marketing
d. Operasi
Lingkungan internal biasanya digunakan
untuk menentukan strength (kekuatan), perusahaan, dan juga mengetahui weakness
(kelemahan) perusahaan.
2. Lingkungan
Eksternal
Lingkungan eksternal merupakan segala sesuatu di luar
organisasi/ perusahaan yang mungkin mempengaruhi organisasi/ perusahaan
tersebut. Lingkungan eksternal meliputi variabel – variabel di luar organisasi
yang dapat berupa lingkungan societal ataupun faktor – faktor spesifik yang
beroperasi di dalam lingkungan kerja (industri) organisasi. Variabel – variabel
eksternal ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan peluang.
Lingkungan eksternal dipengaruhi oleh beberapa faktor:
a. Kebijakan
b. Substitusi
c. Pemasok/ suppllier
d. Konsumen
Lingkungan
eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi:
a. Lingkungan eksternal mikro (lingkungan khusus) Lingkunan mikro terdiri dari pelaku –
pelaku dalam lingkungan perusahaan yang dekat yang mempengaruhi kemampuan
perusahaan untuk melayani bisnis mereka, antara lain:
i) Kebijakan
(peraturan industri yang ditetapkan pemerintah)
Kebijakan pemerintah ini harus ditaati oleh organisasi
dalam operasinya, prosedur perijinan,
ii)
Pemasok
(Supplier), yaitu perusahaan yang menyediakan bahan baku, tenaga kerja,
keuangan, dan sumber informasi kepada perusahaan lain.
iii)
Pelanggan (Konsumen)
b. Lingkungan eksternal makro (lingkungan umum)
Lingkungan
internal dan lingkungan eksternal saling berkaitan satu sama lain. Organisasi
mendapat input (bahan baku, uang, tenaga kerja) dari lingkungan eksternal kemudian
ditansformasikan menjadi produk dan jasa sebagai output bagi lingkungan
eksternal. Lingkungan makro terdiri dari ekonomi,
teknologi, politik, pemerintah, hukum, sosial budaya, dan kependudukan
c.
Ruang Lingkup
SDM
1. Recruitment:
bersumber dari internal, eksternal, dengan spesifikasi tertentu
2. Seleksi:
Kognisi, afeksi, psikomotor
3. Pengembangan:
Pelatihan, kursus, workshop, sekolah, lokakarya, penelitian, dll
4. Penempatan:
analisis kesesuain jabatan, penugasan, pengawasan kerja, evaluasi kinerja
5. Kesejahteraan/renumerasi:
gaji, tunjangan, bonus, pesangon, dll
6. Pemberhentian:
pensiun, PHK, pemberhentian, dll.
d.
Ruang Lingkup
Operasional
1. Bahan:bahan
baku, pelengkap,
2. Peralatan:
pengadaan, instalasi, pemakaian, pemeliharaan, penyesuaian
3. Perlengkapan:
ketepatan jumlah, kesesuaian guna, kontinuitas
4. Proses:
pemesanan, pengadaan, penyimpanan, pemakaian, produksi, pengemasa, pengiriman
5. Pengemasan:
pemilihan bahan, daya tahan, kedaluarsa, desain model kemasan
6. Pemeliharaan:
kesesuaian kapasitas, kesesuaian teknologi, endurance, fleksibilitas,
e.
Ruang
Lingkup Pemasaran
1. Sosialisasi
produk: iklan, promosi, road show, seminar, dll
2. Distribusi
produk: armada, waktu, biaya, cara, rantai distribusi
3. Penjualan:
penentuan harga, penutupan penjualan
4. Delivery:
manfaat, nilai, kepuasan konsumen
5. Pencitraan:
persepsi, kebanggaan konsumen, loyalitas
6. Pemeliharaan
konsumen: menjadi langganan, pembelian uang, promotor aktif.
f.
Ruang Lingkup
Keuangan
1. Sumber
pembiayaan: modal sendiri, asing, hutang
2. Cost
of capital: standar, upper, lower
3. Profitabilitas:
ROI, ROA, Profit margin, ROE
4. Likuiditas:
current ratio, quick ratio (likuid, illikuid)
5. Solvabilitas:
debt to equity, debt to sales, debt to assets (solvabel,insolvabel)
6. Turn
over: Inventory turn over, receivables turn over, capital turn over
7. Penggunaan:
Pengembangan pegawai, deviden, investasi, pembiayaan, dll
BAB
III
PENUTUPAN
A.
KESIMPULAN
Proses mencapai tujuan pendidikan untuk menghasilkan manusia
yang unggul baik secara pribadi maupun penguasaan ilmu pengetahuan tidak
hanya tergantung tentang bagaimana sistem pendidikan dijalankan oleh lingkungan
pendidikan formal. Namun juga dipengaruhi oleh lingkungan keluarga serta
lingkungan masyarakat. Hubungan dari ketiganya disebut sebagai tripusat
pendidikan. Pendidikan tidak dapat berdiri sendiri, namun ada hubungan saling
mempengaruhi diantara lingkungan ekonomi
DAFTAR PUSAKA
Supawi Pawenang, 2016, Modul Perkuliahan
Lingkungan Ekonomi Bisnis, Surakarta: Program Pascasarjana, UNIBA

Tidak ada komentar:
Posting Komentar