Selasa, 21 Februari 2017

Mengenal Lingkungan Ekonomi

TUGAS KARYA ILMIAH LINGKUNGAN EKONOMI




  
NAMA : ADHITYA SALMAN
NIM : 16.11.0053
KELAS : 16 S1 TI 01

Tahun Ajaran 2016/2017





KATA PENGANTAR

                                       Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu‘alaikum wr. Wb.
Alhamdulillah segala puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir yang berjudul “ LINGKUNGAN BISNIS “Tugas Akhir ini disusun sebagai persyaratan kelulusan tidak lupa dukungan dari teman-teman saya yang begitu besar sehingga saya bias menyelesaikan tugas karya ilmiah lingkungan bisnis ini dengan tepat waktu. Sehingga saya mengucapkan banyak terimakasih untuk semuanya. 
Dalam penyusunan tugas akhir ini, penulis menyadari masih terdapat banyak kekurangan yang dibuat baik sengaja maupun tidak sengaja, dikarenakan keterbatasan ilmu pengetahuan dan wawasan serta pengalaman yang penulis miliki. Untuk itu penulis mohon maaf atas segala kekurangan tersebut tidak menutup diri terhadap segala saran dan kritik serta masukan yang bersifat kontruktif bagi diri penulis.Akhir kata semoga dapat bermanfaat bagi penulis sendiri, institusi pendidikan dan masyarakat luas. Amin!

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb




BAB I
PENDAHULUAN

A.Abstrak
Dengan mengetahui tentang lingkungan ekonomi , kita dapat mengetahui pengertian,fungsi dan jenis lingkungan ekonomi . sebab itu kita harus membaca dan mencermatkan isi dari pengetahuan ekonomi , karena sangat penting bagi hidup kita unuk memulai suatu tujuan yang diinginkan.


BAB II
PEMBAHASAN


Terimalah kegagalan sebagai pembelajaran dalam berusaha kata seperti itu memang sulit diterima oleh masyarakat yang sudah tidak memiliki usaha, memang dalam setiap usaha sering atau rawan sekali dengan yang namanya kegagalan, kegagalan adalah SPP dalam berbisnis.




LINGKUNGAN EKONOMI BISNIS

      A.    Pengertian Lingkungan Ekonomi Bisnis

Lingkungan berarti segala sesuatu yang berada diluar atau sekitar makhluk hidup.  Sedangkan pengertian ekonomi secara umum adalah ilmu tentang pengurusan sumber daya material individu, masyarakat dan negara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Adapun bisnis berarti suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau yang lainnya untuk mendapatkan laba. Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga, organisasi, atau perusahaan.

      B.     Kategori Lingkungan Bisnis

Lingkungan Bisnis dapat dibagi menjadi dua kategori:
     
     1.      Lingkungan Internal
Lingkungan internal merupakan segala sesuatu di dalam organisasi/ perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi/ perusahaan tersebut.

Lingkungan internal dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:
      a.       Sumber daya manusia (SDM)
b.      Finance (modal)
c.       Marketing
d.      Operasi

Lingkungan internal biasanya digunakan untuk menentukan strength (kekuatan), perusahaan, dan juga mengetahui weakness (kelemahan) perusahaan.

2.      Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal merupakan segala sesuatu di luar organisasi/ perusahaan yang mungkin mempengaruhi organisasi/ perusahaan tersebut. Lingkungan eksternal meliputi variabel – variabel di luar organisasi yang dapat berupa lingkungan societal ataupun faktor – faktor spesifik yang beroperasi di dalam lingkungan kerja (industri) organisasi. Variabel – variabel eksternal ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan peluang.
Lingkungan eksternal dipengaruhi oleh beberapa faktor:
a.       Kebijakan
b.      Substitusi
c.       Pemasok/ suppllier
d.      Konsumen

Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi:

a.       Lingkungan eksternal mikro (lingkungan khusus) Lingkunan mikro terdiri dari pelaku – pelaku dalam lingkungan perusahaan yang dekat yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melayani bisnis mereka, antara lain:

i)   Kebijakan (peraturan industri yang ditetapkan pemerintah)
Kebijakan pemerintah ini harus ditaati oleh organisasi dalam operasinya, prosedur perijinan,
ii)  Pemasok (Supplier), yaitu perusahaan yang menyediakan bahan baku, tenaga kerja, keuangan, dan sumber informasi kepada perusahaan lain.
iii)   Pelanggan (Konsumen)

b.      Lingkungan eksternal makro (lingkungan umum)
Lingkungan internal dan lingkungan eksternal saling berkaitan satu sama lain. Organisasi mendapat input (bahan baku, uang, tenaga kerja) dari lingkungan eksternal kemudian ditansformasikan menjadi produk dan jasa sebagai output bagi lingkungan eksternal. Lingkungan makro terdiri dari ekonomi, teknologi, politik, pemerintah, hukum, sosial budaya, dan kependudukan

c.     Ruang Lingkup SDM
1.      Recruitment: bersumber dari internal, eksternal, dengan spesifikasi tertentu
2.      Seleksi: Kognisi, afeksi, psikomotor
3.      Pengembangan: Pelatihan, kursus, workshop, sekolah, lokakarya, penelitian, dll
4.      Penempatan: analisis kesesuain jabatan, penugasan, pengawasan kerja, evaluasi kinerja
5.      Kesejahteraan/renumerasi: gaji, tunjangan, bonus, pesangon, dll
6.      Pemberhentian: pensiun, PHK, pemberhentian, dll.

d.    Ruang Lingkup Operasional
1.      Bahan:bahan baku, pelengkap,
2.      Peralatan: pengadaan, instalasi, pemakaian, pemeliharaan, penyesuaian
3.      Perlengkapan: ketepatan jumlah, kesesuaian guna, kontinuitas
4.      Proses: pemesanan, pengadaan, penyimpanan, pemakaian, produksi, pengemasa, pengiriman
5.      Pengemasan: pemilihan bahan, daya tahan, kedaluarsa, desain model kemasan
6.      Pemeliharaan: kesesuaian kapasitas, kesesuaian teknologi, endurance, fleksibilitas,

e.      Ruang Lingkup Pemasaran
1.      Sosialisasi produk: iklan, promosi, road show, seminar, dll
2.      Distribusi produk: armada, waktu, biaya, cara, rantai distribusi
3.      Penjualan: penentuan harga, penutupan penjualan
4.      Delivery: manfaat, nilai, kepuasan konsumen
5.      Pencitraan: persepsi, kebanggaan konsumen, loyalitas
6.      Pemeliharaan konsumen: menjadi langganan, pembelian uang, promotor aktif.

f.      Ruang Lingkup Keuangan
1.      Sumber pembiayaan: modal sendiri, asing, hutang
2.      Cost of capital: standar, upper, lower
3.      Profitabilitas: ROI, ROA, Profit margin, ROE
4.      Likuiditas: current ratio, quick ratio (likuid, illikuid)
5.      Solvabilitas: debt to equity, debt to sales, debt to assets (solvabel,insolvabel)
6.      Turn over: Inventory turn over, receivables turn over, capital turn over
7.      Penggunaan: Pengembangan pegawai, deviden, investasi, pembiayaan, dll



BAB III
PENUTUPAN

A. KESIMPULAN

Proses mencapai tujuan pendidikan untuk menghasilkan manusia yang unggul baik secara pribadi maupun penguasaan ilmu pengetahuan tidak hanya tergantung tentang bagaimana sistem pendidikan dijalankan oleh lingkungan pendidikan formal. Namun juga dipengaruhi oleh lingkungan keluarga serta lingkungan masyarakat. Hubungan dari ketiganya disebut sebagai tripusat pendidikan. Pendidikan tidak dapat berdiri sendiri, namun ada hubungan saling mempengaruhi diantara lingkungan ekonomi

DAFTAR PUSAKA

Supawi Pawenang, 2016, Modul Perkuliahan Lingkungan Ekonomi Bisnis, Surakarta: Program Pascasarjana, UNIBA







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system